Selasa, 28 Maret 2017 | 09:25:45
KECAMATAN MUARA BULIAN
Diposting Oleh andi | 09 Februari 2017
Nama Kepala : PATHONI, SE
NIP Kepala : 196003151985031008
Website Instansi : -
Alamat kantor : kec.muarabulian@batangharikab.go.id
VISI & MISI

VISI DAN MISI KANTOR CAMAT MUARA BULIAN

* V I S I :

MENINGKATKAN PELAYANAN PRIMA YANG PROFESIONAL MENUJU BATANG HARI BERLIAN TAHUN 2016

* M I S I

¨  Meningkatkan Pembinaan dan Pengembangan di Wilayah Kecamatan

¨  Mendorong Terciptanya Pembangunan di Wilayah Kecamatan

¨  Memberikan Pelayanan Prima kepada Masyarakat

¨  Meningkatkan Kesadaran Masyarakat dalam Peningkatan Pendapatan Daerah

 

STRUKTUR ORGANISASI KANTOR CAMAT MUARA BULIAN

 

 

 

 

 

 

 


TUGAS POKOK DAN FUNGSI

Berdasarkan Peraturan Bupati Batang Hari Nomor 38 Tahun 2008 Tentang Uraian Tugas dan Fungsi Camat, Sekretaris, Kepala Subbagian, Kepala Seksi dan Kelompok Jabatan Fungsional padaBerdasarkan Peraturan Bupati Batang Hari Nomor 38 Tahun 2008 Tentang Uraian Tugas dan Fungsi Camat, Sekretaris, Kepala Subbagian, Kepala Seksi dan Kelompok Jabatan Fungsional pada Kantor Kecamatan dalam Kabupaten Batang Hari, Tugas Pokok dan Fungsi dimaksud adalah sebagai berikut :

1.     Camat

Camat mempunyai tugas membantu Bupati dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kehidupan kemasyarakatan di wilayah Kecamatan.

Untuk menyeleggarakan tugas sebagaimana dimaksud, Camat mempunyai fungsi :

  1. pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan umum dan pembinaan keagrariaan dan pembinaan politik dalam negeri;
  2. pelaksanaan pembinaan pemerintahan Desa/Kelurahan;
  3. pelaksanaan pembinaan ketentraman dan ketertiban wilayah;
  4. pelaksanaan pembinaan bidang pembangunan yang meliputi pembinaan perekonomian, produksi dan distribusi serta pembinaan sosial;
  5. penyusunan program ,  pembinaan administrasi, ketatausahaan  dan rumah tangga;
  6. pemberian bimbingan, pengarahan dan petunjuk teknis dibidang  tugas kepada bawahan;
  7. pembinaan hubungan kerja dengan Dinas, Lembaga Teknis, dan Unit Kerja lainnya;
  8. penyiapan dan menyusun laporan realisasi hasil pelaksanaan tugas kepada atasan; dan
  9. pelaksanaan tugas – tugas lain yang di berikan oleh atasan

 

Camat membawahi :

  1. Sekretaris
  2. Kepala Seksi Pemerintahan.
  3. Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban.
  4. Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa / Kelurahan
  5. Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial.
  6. Kepala Seksi Pelayanan

 2.     Sekretaris

Sekretaris mempunyai tugas, membantu Camat dalam melaksanakan kebijakan pemerintah, melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan, administrasi, organisasi dan tatalaksana dan memberikan pelayanan  administratif serta melakukan hubungan kerja dan unit pelaksana lainnya dilingkungan wilayah kecamatan

Untuk menyelenggarakan tugas dimaksud, Sekretaris mempunyai fungsi :

  1. penyusunan rencana dan program kerja, pengendalian dan mengevaluasi pelaksanaan serta pembuatan laporan;
  2. penyelenggaraan administrasi pemerintahan dilingkungan kecamatan ;
  3. pengelolaan Sumber Daya Aparatur, Keuangan, Prasarana dan Sarana Pemerintah Daerah Kabupaten;
  4. pembinaan hubungan kerja dengan Dinas, Lembaga Teknis, dan Unit Pelaksana lainnya;
  5. pemberian bimbingan, pengarahan dan petunjuk teknis dibidang tugas kepada bawahan;
  6. penyelenggaraan dan pengelolaan administrasi kepegawaian dilingkungan Kantor sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang ditetapkan;

  7. penyeleggaraan dan mengelola urusan keuangan kantor sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang telah ditetapkan;
  8. pengelolaan dan penyeleggaraan kegiatan tata usaha dan rumah tangga kantor ;
  9. pelaksanaan evaluasi dan membuat laporan realisasi pelaksanaan tugas Subbagian tata usaha, kemudian menyampaikannya kepada Camat.
  10. pelaksanaan pengoordinasian antar dan antara unit kerja di lingkungan kantor serta instansi terkait lainnya;
  11. pemberian saran dan  pertimbangan kepada Camat dibidang tugasnya; dan
  12. pelaksanaan tugas – tugas lain yang diberikan oleh atasan

    Sekretaris dimaksud membawahi :

    1. Kepala Subbagian Umum;
    2. Kepala Subbagian Kepegawaian; dan
    3. Kepala Subbagian Keuangan.

     1.     Kepala Subbagian Umum.

    Kepala Subbagian Umum mempunyai tugas membantu Sekretaris melaksanakan urusan surat menyurat kearsipan, rumah tangga, dan perlengkapan

     

    Untuk menyelenggarakan tugas dimaksud, Kepala Subbagian Umum mempunyai :

    1. pengelolaan kegiatan surat menyurat dan pengarsipan;
    2. pengelolaan, penginvetarisasian, pembelian, pendistribusian dan pemeliharaan barang – barang inventaris kantor;

    3. penyiapan bahan pelaksanaan penyiapan, pengawasan dan penghapusan arsip;
    4. pengelolaan barang invetaris kekayaan milik Negara / Daerah dan penyiapan   bahan–bahan usulan penghapusan barang inventaris dilingkungan Kantor Kecamatan;
    5. pembuatan program dan Rencana Kerja Anggaran (RKA) instansi untuk dijadikan Dokumen Pelaksanaan  Anggaran (DPA) Kantor Kecamatan;
    6. pemberian saran dan pertimbangan hasil telaah, laporan dan analisa kepada atasan sesuai dengan bidang tugasnya; dan

    pelaksanaan tugas – tugas lainnya di berikan oleh atasan

     2.     Kepala Subbagian Kepegawaian.

    Kepala Subbagian Kepegawaian, mempunyai tugas melaksanakan kebutuhan dan administrasi kepegawaian.

    Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 10, Kepala Subbagian Kepegawaian mempunyai fungsi :

    1. penyelenggaraan dan pengelolaan administrasi kepegawaian di Lingkungan Kantor Kecamatan sesuai dengan Keputusan dan Ketentuan yang telah ditetapkan;
    2. penyiapan absen, laporan rekap absent, surat cuti, surat izin belajar / izin lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
    3. pembuatan surat perintah tugas bagi pegawai yang melaksanakan tugas kedinasan;
    4. penyiapan bahan bagi penyusunan Kartu Istri (Karis), Kartu Suami (Karsu), Tabungan Ansuransi Pegawai Negeri (Taspen), Surat Keterangan untuk mendapatkan  Tunjangan Keluarga (KP4) dan pengoordinasian dalam pengisian Daftar Penilaian Pekerjaan Pegawai (DP3);
    5. penyiapan dan menyusun Daftar Susunan Pegawai (DSP) serta Daftar Urut Kepangkatan (DUK) sesuai dengan peraturan yang berlaku;
    6. penyusunan program waskat dan membuat laporan waskat sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
    7. pemberian saran dan pertimbangan kepada atasan sesuai dengan bidang tugasnya dalam  hal – hal tertentu; dan
    8. pelaksanaan tugas – tugas lain yang di sesuaikan oleh atasan

3.  Kepala Subbagian Keuangan

    1. Kepala Subbagian Keuangan mempunyai tugas menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja Kantor Kecamatan pembukuan perhitungan anggaran dan unifikasi serta pembelanjaan.

      Untuk menyelenggarakan tugas dimaksud, Kepala Subbagian Keuangan mempunyai fungsi :

      1. pengelolaan dan penataan administrasi keuangan Kantor Kecamatan;
      2. penyiapan bahan penyusunan anggaran dan usulan revisi anggaran Kantor Kecamatan;
      3. penyiapan bahan penyusunan tindak lanjut Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dan penyelesaian Tuntutan Ganti Rugi (TGR) Tutuntan Pasal Danaan (TPD);
      4. penyiapan bahan penyusunan verifikasi dan pemantauan dan pelaksanaan anggaran Kantor Kecamatan;
      5. pengurusan gaji Pegawai Kantor Kecamatan;
      6. persiapan dan pembuatan bahan penyusunan laporan keuangan Kantor Kecamatan;
      7. penggajuan Surat Permohonan Permintaan Penerbitan (SPP), Surat Keputusan Otorisasi (SKO), Surat Perintah Membayar (SPM) kepada Bupati melalui Dinas Pendapatan, Pengeloaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Batang Hari;
      8. penyiapan bahan laporan dan penyusunan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNSP);
      9. penerimaan dan melakukan pembayaran atas Pasal-Pasal anggaran sebagaimana tercantum dalam Dokumen Usulan Kegiatan Daerah (DUKDA) serta membuatan surat-surat pertanggungjawaban atas penerimaan dan pengeluaran anggaran sistim;dan
      10. pelaksanaan tugas – tugas lain yang di berikan oleh atasan

       2.     Kepala Seksi Pemerintahan.

      Kepala Seksi Pemerintahan mempunyai tugas menyiapkan bahan – bahan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan, kependudukan dan pertanahan, ketahanan dan ketertiban serta pelaksanaan Otonomi Daerah sesuai dengan peraturan perundang – undangan yang berlaku.

       

      Untuk menyelenggarakan tugas dimaksud, Kepala Seksi Pemerintahan mempunyai fungsi :

      1. pelaksanaan pelayanan administratif kegiatan penyelenggaraan pemerintahan umum;
      2. persiapan dan pengumpulan data untuk bahan evaluasi dan pelaporan penyelenggaraan bidang kependudukan dan pertanahan;
      3. penyiapan bahan dan petunjuk teknis pembinaan perumusan kebijakan penyelenggaraan bidang pertanahan;
      4. penyiapan, pengumpulan bahan dan data dalam rangka penyesuaian tanah serta pemberian rekomendasi pengarahan dan pemandangan lahan;
      5. penyiapan bahan pembinaan urusan Pemilihan Umum (PEMILU), dan pembinaan Idiologi Negara, Kesatuan Bangsa, Organisasi Sosial Politik, Pembinaan Organisasi Kemasyarakatan dan Lembaga Kemasyarakatan lainnya;
      6. penyiapan bahan pembinaan dan petunjuk teknis penyelenggaraan Otonomi Daerah, Perangkat Daerah, Pengembangan Daerah dan Ketertiban Umum serta Pemerintahan Umum di Wilayah Kecamatan;dan
      7. pengumpulan bahan – bahan dalam rangka pembinaan rekomendasi instansi vertikal oleh Bupati  dalam penyelenggaraan pemerintahan

       3.     Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban

      Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban mempunyai tugas melakukan pembinaan ketentraman dan ketertiban wilayah serta pembinaan, monitoring, penyusunan dan pengendalian pelaksanaan tugas dibidang ketentraman dan ketertiban.

      Untuk menyeleggarakan tugas dimaksud, Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban mempunyai fungsi:

      1. pemberian bimbingan, pengarahan dan petunjuk teknis di bidang tugas kepada bawahan;
      2. pengumpulan bahan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan ketertiban umum dan polisi pamong praja;
      3. Penyiapan bahan penyelenggaraan pembinaan ketentraman dan ketertiban umum serta pembinaan ketertiban perizinan
      4. pelakanaan pengoordinasian kegiatan penanggulangan bencana dan pencemaran lingkungan wilayah Kecamatan;
      5. pelaksanaan pengawasan, pemantauan penertiban tempat hiburan dan segketa tanah;
      6. penghimpunan dan pengklasifikasian bahan serta petunjuk teknis  penyelenggaraan bidang kesatuan bangsa dan perlindungan masyarakat;
      7. penyiapan  bahan pertimbangan legalitas peranan di bidang  ketrtiban umum.
      8. pelaksanaan  pengendalian dan evaluasi penyelenggaraan tugas di bidang ketentraman dan ketertiban;
      9. pemonitoran dan mengawasi pelaksanaan hal-hal lain yang menyangkut ketertiban umum;
      10. penyiapan  dan menyusun  laporan realisasi  hasil pelaksanaan tugas kepada atasan;
      11. pemberian saran dan pertimbangan kepada Camat; dan
      12. pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan

       4.     Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa / Kelurahan

      Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kelurahan mempunyai tugas  melaksanakan perencanaan, pembinaan, pengawasan, pengendalian dan kebijakan pemberdayaan masyarakat desa / kelurahan yang meliputi usaha ekonomi masyarakat, pengembangan  bantuan desa/kelurahan ketahanan dan sosial budaya masyarakat, pendayagunaan sumber daya alam dan teknologi tepat guna serta tugas-tugas lain yang diberikan Bupati sesuai dengan bidang tugasnya.

      Untuk menyeleggarakan tugas dimaksud, Kepala Seksi  Pemberdayaan  Masyarakat Desa/Kelurahan mempunyai fungsi :

      1. perumusan dan penetapan kebijakan / fasilitas pelaksanaan usaha ekonomi masyarakat;
      2. perumusan dan penetapan kebijakan / fasilitas pelaksanaan pengembangan Bantuan Desa /kelurahan;
      3. perumusan dan penetapan kebijakan / fasilitas pengembangan ketahanaan dan sosial budaya masyarakat;
      4. perumusan dan penetapan kebijakan / fasilitas pendayagunaan Sumber Daya Alam dan Teknologi tepat guna;
      5. pengoordanisasian penyusunan  program dibidang  pemberdayaan masyarakat.
      6. pengoordanisasian pelaksanaan pembangunan masuk desa dan usaha-usaha pemberdayaan masyarakat Desa dan Kelurahan;
      7. penyiapan dan penyusunan laporan realisasi hasil pelaksanaan tugas kepada atasan;
      8. pemberian saran dan pertimbangan kepada atasan; dan
      9. pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan

       5.     Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial.

      Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial mempunyai tugas pengoordinasian program pembinaan, penyusunan program dan petunjuk teknis serta memantau pemberian bantuan dan perkembangan kegiatan pelayanan social.

      Untuk menyeleggarakan tugas dimaksud, Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial mempunyai fungsi :

      1. pelaksanaan pelayanan administrasi dan kegiatan penyelenggaraan Bina Sosial;
      2. penyiapan bahan dan petunjuk teknis pembinaan serta perumusan kebijakan penyelenggaraan bidang Bina Sosial, Pendidikan dan Keagamaan sesuai Peraturan Perundang-undangan yang berlaku;
      3. pengoordinasian teknis pembinaan dan perumusan kebijakan penyelenggaraan bidang Kepemudaan, Pramuka dan Olah Raga sesuai Peraturan Perundang-undangan yang berlaku;
      4. pengumpulkan dan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis pembinaan dibidang Kepemudaan dan Olah Raga;
      5. pengumpulan  dan  pengelolaan data serta menyiapkan bahan penyusunan pedoman  dan petunjuk teknis dibidang  Pemerdayaan Perempuan dan Keluarga  Berencana, Pendidikan, Transmigrasi, Agama dan urusan haji, ketenagakerjaan, pemuda dan Olah Raga;
      6. pengumpulan dan pengelolaan  data serta menyiapkan saran dan pertimbangan dalam peningkatan kesejahteraan rakyat;
      7. pengumpulan bahan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis dibidang pemberdayaan perempuan dan keluarga berencana;
      8. penyiapan dan pengumpulan data / bahan penyusunan pengolahan kegiatan dibidang pemberdayaan perempuan dan keluarga berencana;
      9. pemantauan pelaksanaan kegiatan dibidang pemberdayaan perempuan dan keluarga berencana;
      10. pengumpulan bahan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis dibidang Kepemudaan dan Olah Raga.
      11. pemantauan pelaksanaan kegiatan di bidang kepemudaan dan Olah Raga;  dan
      12. pelaksanaan tugas – tugas lain yang diberikan oleh atasan

       6.     Kepala Seksi Pelayanan

      Kepala Seksi Pelayanan mempunyai tugas pengoordinasian program pelayanan umum yang meliputi pelayanan kependudukan dan perizinan.

      Untuk menyelenggarakan tugas dimaksud, Kepala Seksi   Pelayanan  mempunyai fungsi :

      1. pengumpulan bahan penyusunan pedoman dan petunjuk teknis dibidang Pelayanan Umum;
      2. penyiapan dan pengumpulan data / bahan penyusunan pengelolaan kegiatan dibidang Pelayanan Umum;
      3. pelaksanaan pemantauan kegiatan dibidang Pelayanan Umum;
      4. penyiapan penyusunan program dan pembinaan pelayanan di bidang kependudukan dan catatan sipil;
      5. penyusunan program dan pembinaan kebersihan, keindahann dan pertamanan;
      6. penyiapan bahan penyusunan program dan pembinaan pelayanan perizinan; dan
      7. pelaksanaan tugas – tugas lain yang diberikan oleh atasan

       

      PROFIL KECAMATAN MUARA BULIAN

      Kantor Kecamatan Muara Bulian merupakan bagian dari Kabupaten Batang Hari yang terletak di Pusat Ibu Kota  Kabupaten Batang Hari yang berperan juga sebagai penyangga Ibu kota Kabupaten Batang Hari yang dalam perkembangannya telah menunjukkan kemajuan di berbagai bidang sesuai dengan peran dan fungsinya. 

      Kantor Kecamatan Muara Bulian terdiri dari 15 Desa definitif dan 5 Kelurahan, adapun luas wilayah Kantor Kecamatan Muara Bulian dirinci menurut Desa/Kelurahan dapat dilihat pada Tabel 5 sebagai berikut :

       

      Tabel  :

      LUAS WILAYAH KANTOR KECAMATAN MUARA BULIAN MENURUT DESA/KELURAHAN

      NO

      DESA/KELURAHAN

      LUAS

      ( Km2 )

      1

      MUARA BULIAN

      18,02

      2

      RENGAS CONDONG

      19,98

      3

      PASAR BARU

      22,90

      4

      SRIDADI

      92,43

      5

      TERATAI

      10,79

      6

      PASAR TERUSAN

      10,46

      7

      SIMPANG TERUSAN

      27,65

      8

      TENAM

      50,62

      9

      MALAPARI

      15,22

      10

      NAPAL SISIK

      21,15

      11

      PEL. RAMBAHAN

      10,36

      12

      O L A K

      12,20

      13

      MUARO SINGOAN

      30,18

      14

      A  R  O

      16,34

      15

      SUNGAI BAUNG

      11,72

      16

      BAJUBANG LAUT

      10,35

      17

      SUNGAI BULUH

      28,95

      18

      RANTAU PURI

      24,07

      19

      KILANGAN

      11,70

      20

      SINGKAWANG

      29,91

       

      J  U  M  L  A  H

      484,22

       

      Pertumbuhan penduduk di Kantor Kecamatan Muara Bulian mencapai 2,57 % per tahun. Jumlah penduduk Kantor Kecamatan Muara Bulian sampai dengan Bulan Juli 2011 berjumlah 53.325 jiwa yang terdiri dari :

      • Penduduk Laki-laki sebanyak      27.552 jiwa
      • Penduduk Perempuan sebanyak  25.773 jiwa