Minggu, 29 April 2017 | 06:38:25

PELAKSANAAN UNBK DAN UNKP SMA/SMK/MA KAB. BATANG HARI TAHUN 2017
Diposting Oleh KPDE Kab. Batang Hari | Berita Pendidikan | Kamis, 13 April 2017 - 15:13:37 WIB



Pelaksanaan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer)  dan UNKP (Ujian Nasional  Kertas Pensil) Tahun 2017 di Kabupaten Batang Hari berjalan dengan lancar, permasalahan yang terjadi dapat diatasi dan ada solusinya. Pelaksanaan UNBK tahun ini sedikit berbeda, pasalnya pelaksanaan UNBK/UNKP untuk SMK dan SMA/MA  dipisahkan, untuk jenjang SMK UN dilaksanakan dari tanggal 3 s.d 6 April 207 , sedangkan UN SMA/MA pada tanggal 10 s.d 13 April 2017. Mata pelajaran yang diujikan yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan satu mata pelajaran pilihan sesuai jurusan. 

Pelaksanaan UNBK dan UNKP 2017 di Kabupaten Batang Hari  digelar di 26 sekolah, dengan jumlah peserta sebanyak 3.006  siswa. Dari 26 tempat pelaksanaan UN  SMA/SMK/MA  hanya 14 sekolah yang menjadi tempat pelaksanaan UNBK karena keterbatasan sarana dan prasarana sedangkan sisanya melaksana UNKP.Tetapi semua SMA dan SMK melaksanakan UNBK kecuali MA hanya satu sekolah yang melaksanakan UNBK selebihnya melaksanakan UNKP. Server yang digunakan untuk UNBK tahun ini tersedia 27 server , dengan jumlah clien/komputer sebanyak 733 buah. Dibandingkan dengan jumlah peserta dengan jumlah clien yang tersedia memang tidak mencukupi oleh karena itu pelaksanaan UNBK dilaksanakan dalam beberapa sesi. Dan beberapa sekolah yang melakukan UNBK menumpang di sekolah yang menjadi tempat pelaksanaan UNBK

Pemadaman PLN yang kerap terjadi juga menjadi masalah walaupun Pejabat PLN sudah berkomitmen tidak akan melakukan pemadaman pada saat UNBK,  tetapi tetap saja terjadi pemadaman listrik , tapi karena sifat dari UNBK ini adalah sistem semi online tidak menjadi kendala yang begitu besar hanya saja peserta UN sedikit kesal karena harus mengulang dari awal lagi. Ada juga masalah di SMKN 2 Batang Hari soal tidak keluar, jadi akan diadakan ujian susulan.

Pelaksanaan UNBK dan UNKP di tingkat SMA/SMK/MA berjalan cukup sukses berkat kerja keras semua pihak yang terlibat, sebelum UNBK semua sekolah mengadakan simulasi agar dapat segera mengetahui permasalahan yang terjadi di lapangan. UNBK di Kabupaten Batang Hari secara kwantitas dan kualitas meningkat cukup signifikan karena di tahun 2016 dari keseluruhan sekolah baik tingkat SLTP dan SLTA hanya satu yang melaksanakan UNBK yakni SMK Kosgoro, hal ini cukup membanggakan  karena tidak semua daerah dapat melaksanakan UNBK.

Harapan dan target kedepannya semua sekolah di Kabupaten Batang hari jenjang SLTP/SLTA dapat melaksanakan UNBK disekolah masing masing. Kemajuan Teknologi harus kita sikapi dengan serius karena  dapat memberikan manfaat yang besar bagi pendidikan dan sarana dan prasana juga harus ditingkatkan untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya di Kabupaten Batang Hari.(vivi)