Minggu, 24 September 2017 | 06:44:44
SEKRETARIAT DAERAH
Diposting Oleh anunggal | Jenis SKPD: Sekretariat | 26 Februari 2016
Nama Kepala : H. BAKHTIAR, SP
NIP Kepala : 196110131982031003
Website Instansi : www.batangharikab.go.id
Alamat Kantor : Jl. Jenderal Sudirman No. 01 Muara Bulian
TUGAS POKOK DAN FUNGSI

Peraturan Daerah Kabupaten Batang Hari Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Daerah dan Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

 

SEKRETARIAT DAERAH

Bagian Pertama

Pembentukan, Kedudukan, Tugas, Fungsi dan Kewenangan

Paragraf 1

Pembentukan dan Kedudukan

Pasal 2

  1. Dengan Peraturan Darah ini dibentuk Sekretariat Daerah Kabupaten Batang Hari.
  2. Sekretariat Daerah merupakan unsur staf Pemerintah Daerah dipimpin oleh seorang Sekretaris Daerah yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati

 

Paragraf 2

Tugas

Pasal 3

Sekretaris Daerah mempunyai tugas dan kewajiban membantu Bupati dalam menyusun kebijakan dan mengoordinasikan dinas daerah dan lembaga teknis daerah.

 

Paragraf 3

Fungsi

Pasal 4

Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3, Sekretariat Daerah menyelenggarakan fungsi :

  1. penyusunan kebijakan pemerintahan daerah.
  2. pengoordinasian pelaksanaan tugas dinas daerah dan lembaga teknis daerah.
  3. pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan pemerintah daerah.
  4. pembinaan administrasi dan aparatur pemerintah daerah ; dan
  5. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

 

Paragraf 4

Kewenangan

Pasal 5

Untuk melaksanakan fungsi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4, Sekretariat Daerah mempunyai kewenangan sebagai berikut :

  1. Koordinasi  staf  terhadap segala kegiatan yang dilakukan oleh perangkat  daerah  dalam rangka  penyelenggaraan administrasi pemerintah ;
  2. Pembinaan pemerintah, pembangunan  dan masyarakat dalam  arti  mengumpulkan  dan menganalisis data, merumuskan program dan petunjuk teknis serta memantau perkembangan penyelenggaraan pemerintah, pembangunan dan pembinaan masyarakat ;
  3. Pembinaan administrasi, organisasi dan tata laksana serta memberikan  pelayanan teknis administratif kepada seluruh perangkat daerah ;
  4. Koordinasi perumusan peraturan perundang–undangan yang menyangkut tugas pokok  pemerintah daerah ; dan
  5. Melaksanakan  hubungan masyarakat dan hubungan antar lembaga.

 

Bagian Kedua

Susunan Organisasi

Pasal  6

 (1) Susunan Organisasi Sekretariat Daerah terdiri dari:

  1. Asisten Pemerintahan Umum ;
  2. Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat ; dan
  3. Asisten Administrasi Umum.

 (2)  Masing–masing Asisten sebagaimana dimaksud pada ayat (1)  terdiri dari :

Asisten Pemerintahan Umum terdiri dari:

        1. Bagian Pemerintahan terdiri dari:

              a) Subbagian Pemerintahan Desa dan Kelurahan;

              b) Subbagian Agraria ; dan

              c) Subbagian Pembinaan, Pengawasan dan Tugas Pembantuan.

       2. Bagian Hukum terdiri dari:

              a) Subbagian Dokumentasi dan Informasi Hukum;

              b) Subbagian Peraturan Perundang-undangan dan Pembinaan Kebijakan Daerah; dan

              c) Subbagian Bantuan Hukum.

       3. Bagian Humas terdiri dari:

              a) Subbagian Informasi dan Publikasi;

              b) Subbagian Pelayanan Media Centre, Media Cetak, Elektronik dan Telekomunikasi Daerah; dan

              c) Subbagian Perpustakaan dan Dokumentasi.

 

     2. Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat terdiri dari:

               1. Bagian Ekonomi terdiri dari:

                  a) Subbagian Industri, Perdagangan dan Koperasi;

                  b) Subbagian Penanaman Modal, Badan Usaha Daerah dan Pariwisata ; dan

                  c) Subbagian Pengembangan Sumber Daya Alam

               2.  Bagian Pembangunan terdiri dari:

                  a) Subbagian  Perencanaan dan Program;

                  b) Subbagian  Pengendalian dan Pelayanan Pengadaan Barang dan Jasa ; dan

                  c) Subbagian  Evaluasi dan Pelaporan.

               3.  Bagian Kesejahteraan Rakyat terdiri dari:

                  a) Subbagian  Agama dan Pendidikan;

                  b) Subbagian  Sosial dan Kesehatan; dan

                  c) Subbagian  Pemuda dan Olahraga.

 

     3. Asisten Administrasi  Umum terdiri dari:

               1. Bagian Organisasi terdiri dari:

                  a) Subbagian Kelembagaan dan Analisa Formasi Jabatan. ;

                  b) Subbagian Akuntabilitas Kinerja dan Reformasi Birokrasi; dan

                  c) Subbagian Pendayagunaan Aparatur dan Administrasi Kepegawaian Setda.

               2. Bagian Umum terdiri dari:

                  a) Subbagian Tata Usaha, Arsip dan Keuangan Setda;

                  b) Subbagian Rumah Tangga; dan

                  c) Subbagian Protokol dan Perlengkapan Setda.

               3. Bagian Keuangan terdiri dari:

                  a) Subbagian Penyusunan Anggaran Daerah;

                  b) Subbagian Perbendaharaan dan Belanja Pegawai; dan

                  c) Subbagian Pembukuan, Verifikasi, Evaluasi dan Pelaporan Keuangan Daerah

               4. Bagian Pengelolaan Aset Daerah terdiri dari:

                  a) Subbagian Perencanaan, Inventarisasi dan Pelaporan Aset Daerah;

                  b) Subbagian Pengadaan dan Pendayagunaan Aset Daerah; dan

                  c) Subbagian Pengamanan dan Pemeliharaan Aset

 

      4. Kelompok Jabatan Fungsional

 

 


STRUKTUR ORGANISASI