Rabu, 22 November 2017 | 17:53:59
BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH
Diposting Oleh bagus | Jenis SKPD: Badan | 15 Oktober 2015
Nama Kepala : HAYATUL ISLAM, S.TP.
NIP Kepala : 197010131997031004
Website Instansi :
Alamat Kantor : JALAN JENDRAL SUDIRMAN NO. 04 - Telp.(0743)21345 Fax. (0743)21345
TUGAS POKOK DAN FUNGSI

VISI DAN MISI

V I S I

Mempedomani Visi dan Misi Kabupaten Batang Hari, Visi :Bangun Ekonomi Rakyat, Lanjutkan Pembangunan dengan Iman dan Pemerataan (BERLIAN) 2016”, dengan Misi :

1) Meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan menjalankan kebijakan pembangunan ekonomi dengan prinsip-prinsip ekonomi kerakyatan;
2) Meningkatkan kualitas kehidupan yang agamis, berakhlak mulia, yang ditopang oleh kesadaran salaing menghormati dan saling mendukung antara ulam dan umaro’;
3)  Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) termasuk Sumber Daya Aparatur;
4) Meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerihan daerah secara proforsional, efektif, efisien, akuntabel dan transfaran melalui penerapan reformasi birokrasi yang berkeadilan;
5) Meningkatkan penggalian potensi Sumber Daya Alam (SDA) sebagai salah satu sumber daya pembangunan, dengan prinsip berkelanjutan serta menjaga kelestarian lingkungan dan keseimbangan ekosistem.

Maka rumusan umum mengenai keadaan yang diinginkan pada akhir periode perencanaan, Bappeda Kabupaten Batang Hari sebagai suatu organisasi non profit mempunyai pandangan kedepan dalam upaya mempertanggungjawabkan tugas pokok dan fungsi sesuai kewenangan, menetapkan Visi : “Perencanaan dan Pengendalian Pembangunan Daerah Yang Berkualitas untuk Mewujudkan Batang Hari Berlian 2016” .

 

 M I S I

Rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan Visi sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Bappeda Kabupaten Batang Hari, adalah sebagai berikut :

  1. Melaksanakan koordinasi, pengkajian dan penelitian sebagai bahan kebijakan pembangunan daerah;
  2. Menyediakan data perencanaan pembangunan daerah yang mutakhir dan mudah di akses;
  3. Melaksanakan perencanaan dan pengendalian pembangunan daerah yang sinergis, dan
  4. Meningkatkan kualitas kelembagaan yang professional dan akuntabel.

Tugas,Fungsi, dan Struktur Organisasi 

Berdasarkan Peraturan Bupati Batang Hari Nomor 27 Tahun 2008 tentang Uraian Tugas dan Fungsi Kepala Badan, Sekretaris, Kepala Subbagian, Kepala Bidang, Kepala Subbidang, dan Kelompok Jabatan Fungsional pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Batang Hari, Tugas Pokok dan Fungsi dimaksud adalah sebagai berikut :

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah mempunyai tugas   memimpin, mengkoordinir, mengendalikan dan mengevaluasi kegiatan  penelitian dan perencanaan pembangunan dalam rangka mempercepat laju pembangunan berdasarkan potensi daerah serta mengawasi tugas agar  berjalan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Untuk menyelenggaranan tugas sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Bappeda mempunyai fungsi :

a) Program kegiatan penelitian dan perencanaan Perumusan pembangunan daerah;
b) Pergkordinasian kegiatan yang berhubungan dengan kewenangan otonomi daerah dibidang perencanaan pembangunan daerah;
c) Pelaksanaan koordinasi dengan instansi/unit kerja yang terkait mapun dengan pejabat bawahan di bidang    perencanaan pembangunan daerah;
d) Pelaksanaan pengendalian dan evaluasi program dan kegiatan;
e) Pemberian tugas, pengarahan dan petunjuk teknis pelaksanaan kerja bawahan;|
f) Pelaporan hasil pelaksanaan kegiatan pembangunan daerah; dan
g) Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

Sekretarais Bappeda mempunyai tugas pemberian pelayanan administrasi dibidang kepegawaian, pengelolaan keuangan, administrasi, perlengakapan dan kebutuhan rumah tangga dan ketatausahaan dilingkungan Bappeda.
Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud, sekretaris Bappeda mempunyai fungsi :

  1. Penyiapan bahan-bahan/materi serta perangkat peraturan yang diperlukan dibidang tugasnya;
  2. Pemberian bimbingan, pengarahan dan petunjuk teknis dibidang tugasnya kepada bawahannya;
  3. Pengumpulan data-data dan informasi yang diperlukan sebagai bahan penyusunan program kerja Bappeda;
  4. Penyelenggaraan dan pengelolaan urusan keuangan Bappeda sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang telah ditetapkan;
  5. Pengelolaan dan penyelenggaraan kegiatan tata usaha, administrasi, kepegawaian dan rumah tangga Bappeda;
  6. Perencanaan pengembangan sumber daya aparatur Bappeda;
  7. Pelaksanaan evaluasi dan membuat laporan realisasi dan pelaksanaan tugas Sekretariat kemudian menyampaikannya kepada Kepala Bappeda;
  8. Pelaksanaan koordinasi antar dan antara unit kerja dilingkungan Bappeda;
  9. Pemberian pertimbangan dan saran keada Kepala Bappeda di bidang tugasnya, dan
  10. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan;

Sekretaris sebagaimana dimaksud diatas membawahi :

                    a. Subbagian Umum ;
                    b. Subbagian Keuangan ;
                    c. Subbagian Penyusunan Rencana Kerja dan Informasi

 

Masing-masing subbagian sebagaimana maksud diatas dipimpin oleh seorang Kepala Subbagian yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada kepala Badan melalui sekretaris.

Kepala Sub Bagian Umum sebagaimana dimaksud diatas mempunyai tugas menyelenggarakan administrasi umum, administrasi kepegawaian dan mengelola perlengkapan rumah tangga.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Sub Bagian umum mempunyai fungsi :

  1. Penyiapan bahan-bahan/materi serta perangkat peraturan yang berhubungan dengan bidang tugasnya;
  2. Pemberian bimbingan, pengarahan dan petunjuk teknis dibidang tugasnya kepada bawahanya;
  3. Pengelolaan, pemrosesan dan pengendalian kegiatansuratmenyurat meliputisuratmasuk dansuratkeluar;
  4. Pemeliharaan, penjagaan dan penyusunan kearsipan surat-surat dan naskah dnas yang telah diproses sesuai pokok rmasalah;
  5. Pemeliharaan dan penjagaan keamanan ketertiban dan kebersihan dilingkungan rumah tangga kantor;
  6. Pemberian informasi dan pencatatan kegiatan kepala Bappeda pada setiap hari kerja;
  7. Pelayanan Kepada tamu Bappeda sesuai dengan keperluannya;
  8. Pelaksanaan penatausahaan barang investor kantor;
  9. Penyelenggaraan dan pengelolaan administrasi kepegawaian di lingkungan; kantor Bappeda;
  10. Penyiapan bahan-bahan dan rekomendasi yang diperlukan untuk personalia, materi, rencana penambahan pegawai baru serta pension, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  11. Pengelolaan dan pengurusan administrasi kepegawaian untuk kenaikan pangkat, gaji berkala, karis, karsu, cuti, taspen, izin belajar, sertasurat-surat keterangan lain;
  12. Pelaksanaan pembinaan serta pengembangan karis pegawai;
  13. Pengumpulan bahan-bahan untuk pembuatan daftar susunan pegawai (DSP)  serta Daftar Urut Kepangkatan (DUK) sesuai dengan ketentuan dan petunjuk yang ditetapkan;
  14. Penghimpunan bahan untuk pembuatan Daftar penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3) oleh atasan masing-masing unit kerja dilingkungan kantor Bappeda sebagai bahan pertimbangan selanjutnya;
  15. Pengkoordinasian penyelenggaraan rapat;
  16. Penertiban administrasi perjalanan dinas;
  17. Pelaksanaan Koordinasi antar dan antara unit kerja dilingkungan kantor Bappeda serta instansi terkait dalam pelaksanaan tugas;
  18. Pemberian pertimbangan dan saran kepada sekretaris dibidang tugasnya;
  19. Pelaksanaan evaluasi dan pembuatan laporan realisasi pelaksanaan tugas dibidang kepegawaian kepada atasan; dan
  20. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

Kepala Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas menyusun rencana belanja kantor Bappeda, melalukan urusan administrasi keuangan dan membuat laporan keuangan. 

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud diatas Kepala Sub Bagian Keuangan mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan anggaran belanja kantor Bappeda;
  2. Penyiapan bahan-bahan/materi dan perangkat peraturan yang berhubungan dengan bidang tugasnya;
  3. Pemberian bimbingan, pengarahan dan petunjuk teknis dibidang tugas kepada bawahannya;
  4. Pengumpulan data-data/materi dan informasi dari setiap unit kerja dilingkungan Bappeda sebagai bahan untuk penyusunan anggaran belaja setiap tahun;
  5. Penyelenggaraan tugas dibidang keuangan yang meliputi anggaran, perbendaharaan, verifikasi, pembukuan dan tindak lanjut akuntabilitas kinerja berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  6. Pengarahan Dan pengawasan penyelenggaraan keuangan agar berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  7. Penghimpunan bahan-bahan dalam rangka penyusunansuratpertanggungjawaban (SPJ) sesuai dengan mata anggaran kantor Bappeda dan menyampaikannya kepada Bupati melalui Dinas pendapatan, pengelolaan keuangan dan Asset daerah;
  8. Pengorganisasian penyusunan laporan dibidang keuangan agar sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku;
  9. Pemberian pertimbangan dan saran kepada sekretaris di bidang tugasnya;
  10. Pelaksanaan evaluasi dan pembuatan laporan realisasi pelaksanaan tugas dibidang keuangan kepada atasan; dan
  11. Pelaksanaan tugas-tugas yang diberikan oleh atasan;

 

Kepala Sub Bagian Penyusunan Rencana Kerja dan Informasi bertugas menyusun rencana kerja tahunan Bappeda mengikuti pelaksanaan dan melakukan evaluasi atas pelaksanaannya, melakukan kegiatan pendokumentasian, penyimpanan dan penyebarluasan informasi serta menyelenggarakan perpustakaan.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud diatas Kepala Sub Bagian Penyusunan Rencana Kerja dan Informasi mempunyai fungsi :

  1. Penyiapan, pengkoordinasian dan penghimpunan bahan masukan dari bidang-bidang , sebagai dasar penyusunan rencana kerja tahunan Bappeda;
  2. Penyiapan bahan rencana usulan kegiatan Bappeda;
  3. Penyusunan Laporan-laporan kerja tahunan Bappeda;
  4. Pengembangan program-program kerja Bappeda;
  5. Pendokumentasian seluruh kegiatan Bappeda;
  6. Penyimpanan dan penyebarluasan informasi;
  7. Pengelolaan perpustakaan Bappeda;
  8. Pemberian pertimbangan dan saran kepada sekretaris dibidang tugasnya;
  9. Pelaksanaan evaluasi dan pembuatan laporan realisasi pelaksanaan tugas kepada atasan; dan
  10. Pelaksanaan Tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan mempunyai tugas mengoordinasikan kegiatan penelitian pengembangan potensi daerah dan mengkaji pengembangan kawasan dan kerjasama pembangunan.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana maksud diatas Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan mempunyai fungsi ;

  1. Lain Yang diberikan oleh pengkoordinasian dan pelaksanaan kegiatan penelitian didaerah;
  2. Pengoordinasian dan pelaksanaan kegiatan penelitian di daerah;
  3. Pembuatan Rincian alokasi biaya penelitian sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan;
  4. Penyusunan kawasan pembangunan dan rencana program-program pembangunan dalam kawasan pembangunan dimaksud serta melakukan kerjasama pembangunan dengan pihak lain;
  5. Pengelolaan data dalam pelaksanaan tugas penelitian dan pengembangan sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku;
  6. Peyiapan rencana strategis dan rencana tindak lanjut program-program yang telah ditetapkan berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  7. Pelaksanaan koordinasi antar dan antara unit kerja lain dilingkungan badan serta instansi terkait agar ada keterpaduan dalam melaksanakan tugasnya;
  8. Pemberian pertimbangan dan saran kepada kepala Badang dibidang tugasnya; dan
  9. Pelaksanaan Tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan;

 

Kepala Bidang Penelitian Dan Pengembangan sebagaimana dimaksud diatas membawahi ;

  1. Subbidang Penelitian; dan
  2. Subbidang Pengembangan Kawasan dan Kerjasama Pembangunan.

 

Masing-masing subbagian sebagaimana dimaksud pada ayat dipimpin oleh seorang kepala subbidang yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada kepala bidang penelitian dan pengembangan.

Kepala Sub Bidang Penelitian sebagaimana dimaksud diatas mempunyai tugas mengkoordinasikan dan merumuskan kegiatan penelitian dan pengembangan potensi daeah sesuai dengan kebutuhan pembangunan daerah;

Untuk menyeleggarakan tugas dimaksud, Kepala Sub Bidang Penelitan mempunyai fungsi:

  1. Pengumpulan data-data dan menyiapkan bahan-bahan perangkat kerja sesuai dengan bidang tugasnya;
  2. Perumusan dan penyusunan kebijaksanaan program penelitan dan pengembangan pembangunan;
  3. Pelaksanaan kerjasama penelitian dengan pihak lain;
  4. Pembuatan rincian biaya peneltian dan pengembangan sesuai dengan kebutuhan riil penelitian;
  5. Pelaksanaan inventarisasi dan kajian potensi pembangunan;
  6. Penyusunan laporan realisasi program dan penelitian pembangunan dan potensi daerah secara berkala;
  7. Penyusunan laporan-laporan dibidang penelitian dan pengembangan kawasan serta kerjasama pembangunan agar sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku;
  8. Pelaksanaan koordinasi antar dan antara unit kerja dilingkungan badan serta instansi terkait dalam pelaksanaan tugas;
  9. Pemberian pertimbangan dan saran kepada kepala bidang penelitian dan pengembangan; dan
  10. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

Kepala Sub Bidang Pengembangan Kawasan dan Kerjasama Pembangunan mempunyai tugas membantu kepala bidang penelitian dan pengembangan dalam melakukan koordinasi dan perencanaan pengembangan kawasan pembangunan dan merencanakan kerjasama pembangunan antar daerah, bidang antar kelembagaan dan masyarakat.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud, Kepala Bub Bidang Pengembangan Kawasan dan Kerjasama Pembangunan mempunyai fungsi :

  1. Pembantu kepala bidang dalam melakukan tugas pengembangan kawasan dan kerjasama pembangunan;
  2. Pengumpulan Data-data dan penyiapan bahan-bahan perangkat kerja sesuai dengan bidang tugasnya;
  3. Perumusan dan penyusunan kebijakan program-program pengembangan kawasan dan kerjasama pembangunan dengan pihak lain;
  4. Pelaksanaan penyempurnaan rencana program-program pembangunan dalam kawasan pembangunan;
  5. Pelaksanaan koordinasi kegiatan pengembangan kawasan dan kerjasama pembangunan untuk penyusunan program-program pembangunan;
  6. Pelaksanaan komitmen bersama dengan daerah lain dalam bentuk Memorandum of Understanding (MOU);
  7. Pelaksanaan inventrisasi program-program pembangunan yang berhubungan dengan daerah lain;
  8. Pelaksanaan inventarisasi program-program pembangunan yang berhubungan dengan daerah lain;
  9. Pembuatan laporan realisasi kegiatan secara berkala dan secara aktif dalam bidang pengembangan kawasan dan kerjasama;
  10. Pendataan dan penyajian hasil analisa dan penilaian program yang berhubungan dengan pengembangan kawasan dan kerjasama pembangunan;
  11. Pelaksanaan Koordinasi antar dan antara unit kerja dilingkungan badan serta instansi terkait dalam pelaksanaan tugas;
  12. Pemberian pertimbangan dan saran kepala bidang penelitian dan pengembangan; dan
  13. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan;

Kepala Bidang Fisik Dan Prasarana mempunyai tugas mengkoordinasikan serta menyusun perencanaan pembangunan bidang fisik dan prasaran baik jangka pendek, jangka menengah maupun jangka panjang;

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Bidang Fisik dan Prasarana mempunyai fungsi :

  1. Penyiapan peraturan perundang-undangan dan bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan bidang tugasnya;
  2. Pengumpulan data dan penyiapan bahan-bahan perangkat kerja sesuai dengan bidang tugasnya;
  3. Pelaksanaan koordiansi dengan dinas/instansi dan perumusan penyusunan program di bidang fisik dan prasaran antara lian dinas pekerjaan umum, dinas pertanian, dinas kehutanan, dinas perkotaan, dinas perkebunan, dinas peternakan dan perikanan, dinas perhubungan, dianas energi dan sumberdaya mineral, dinas social;
  4. Pelaksanaan inventarisasi permasalahan dibidang fisik dan prasaranag  dengan bidang-bidang lainnya dalam lingkup Bappeda yang disusun oleh badan instansi lainnya di lingkungan Pemerintah Kabupaten Batang Hari;
  5. Pelaksanaan evaluasi dan membuat laporan realisasi kegiatan secara berkala;
  6. Pengkoordinasian penyusunan laporan-laporan pembangunan dibidang fisik dan prasarana agar sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku;
  7. Pemberian pertimbangan dan saran kepada Kepala Badan;
  8. Pelaksanaan tugas-tugas lainnya yang diberikan oleh atasan.

Kepala Bidang Fisik Dan Prasarana sebagaimana dimaksud diatas, membawahi:

  1. Subbidang Pemukiman dan Prasarana; dan
  2. Subbidang Sumber daya Alam dan Lingkungan Hidup.

Masing-masing subbidang yang dipimpin oleh seorang Kepala Subbidang yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada kepala Bidang Fisik dan Prasarana.

Kepala Sub Bidang Pemukiman dan Prasarana mempunyai tugas mempersiapkan dan mengkoordinir kegiatan penyusunan rencana program pembangunan sektor pemukiman dan prasarana.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud diatas, Kepala Sub Bidang Pemukiman dan Prasarana mempunyai fungsi :

  1. Penyiapan peraturan perundang-undangan dan bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan bidang tugasnya;
  2. Pengumpulan data-data penyiapan bahan-bahan perangkat kerja sesuai dengan bidang tugasnya;
  3. Perumusan rencana program-program dibidang pemukiman dan prasarana;
  4. Pelaksanaan koordinasi dengan dinas/instansi terkait dalam penyusunan program dibidang pemukiman dan prasarana antara lain Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perkotaan, Dinas Perhubungan, Bagian Pembangunan dan PDAM.
  5. Pelaksanaan dan memadukan tugas-tugas bidang pemukiman dan prasarana dengan bidang-bidang lainnya dalam lingkup Bappeda Kabupaten Batang Hari;
  6. Pelaksanaan inventarisasi permasalahan dibidang pemukiman dan prasarana serta merumuskan langkah-langkah kebijakan pemecahannya;
  7. Penyiapan data dan penyajian hasil analisa dan kajian program pengembangan pembangunan pemukiman dan prasarana wilayah;
    1. Pelaksanaan evaluasi dan pembuat laporan realisasi kegiatan secara berkala sesuai dengan bidang tugasnya;
    2. Pengkoordinir dan penyusunan laporan-laporan pembangunan dibidang pemukiman dan prasarana agar sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku;
    3. Pemberian saran dan pertimbangan kepada kepala bidang fisik dan prasarana; dan
    4. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

Kepala Sub Bidang Sumberdaya Alam dan Lingkungan Hidup mempunyai tugas mempersiapkan dan mengkoordinasikan kegiatan perencanaan pembangunan sumber daya alam dan lingkungan hidup.

Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud diatas kepala subbidang Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup mempunyai fungsi :

  1. Penyiapan peraturan perundang-undangan dan bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan bidang tugasnya;
  2. Pengumpulan data-data dan menyiapkan bahan-bahan perangkat kerja sesuai dengan bidang tugasnya;
  3. Pelaksanaan koordinasi penyusunan dan perumusan penyusunan rencan program dan kegiatan pembangunan dibidang pertanian, kehutanan dan perikanan, perkebunan, pertambangan, transnaker dan pertanahan;
  4. Penyediaan data dan penyajian hasil analisa dan penilaian program pengembangan pembangunan bidang sumber daya alam dan lingkungan hidup;
  5. Pelaksanaan inventarisasi permasalahan dibidang sumber daya alam dan lingkungan hidup serta merumuskan langkah-langkah kebijakan pemecahannya;
  6. Pelaksanaan evaluasi dan membuat laporan realisasi kegiatan secara berkala sesuai dengan bidang tugasnya;
  7. Pengkoordinasian dan penyusunan laporan-laporan pembangunan dibidang sumber daya alam dan lingkungan hidup agar sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku;
  8. Pemberian saran dan pertimbangan kepada kepala Bidang fisik dan prasarana; dan
  9. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan
  1. Kepala Bidang Ekonomi dan Sosial Budaya mempunyai tugas mengkoordinasikan penyusunan perencanaan dan kebijakan pembangunan dibidang ekonomi dan sosial budaya serta menyusun indikator perkembangan pembangunan ekonomi dan sosial budaya serta menyusun perkembangan pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarkat.

 

Kepala Bidang Ekonomi dan Sosial Budaya mempunyai Fungsi :

  1. Penyiapan peraturan perundang-undangan dan bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan bidang tugasnya;
  2. Pelaksanaan inventarisasi permasalahan dibidang ekonomi, keuangan dan pendapatan daerah, industri, koperasi dan dunia usaha;
  3. Penganalisaan dan perumusan langkah-langkah kebijakan pemecahannya;
  4. Perumusan penyusunan kebijakan dan perencanaan pembangunan dibidang ekonomi, keuangan dan pendapatan daerah, industri, koperasi, dunia usaha, ketahanan dan perlindungan masyarakat, agama, pendidikan, kebudayaan, pemuda dan olah raga, pariwisata, kesehatan, keluarga berencana, kependudukan dan catatan sipil serta pembinaan sosial kemasyarakatan lainnya;
  5. Pengkoordinasian dan pemanduan rencana pembangunan bidang ekonomi, keuangan dan pendapatan daerah, industri, koperasi, dunia usaha, ketahanan dan perlindungan masyarakat, agama, pedidikan, kebudayaan, pemuda dan olah raga, pariwisata, kesehatan, keluarga berencana, kependudukan dan catatan sipil serta pembinaan sosial kemasyarakatan lainnya yang disusun oleh dinas-dinas daerah dan satuan organisasi lai dalam lingkungan Pemerintah Daerah instansi vertikal Kecamatan dan Badan-badan lain dalam lingkup wilayah Kabupaten Batang Hari;
  6. Penyediaan data penyajian hasil analisa dan penilaian program pengembangan ekonomi;
  7. Pelaksanaan dan atau pengkoordinasian penyusunan program pembangunan tahunan di bidang ekonomi dan sosial budaya;
  8. Pelaksanaan koordinasi antar dan antara unit kerja dilingkungan dinas serta instansi yang terkait dengan pelaksanaan tugas;
  9. Pelaksanaan pemantauan terhadap pelaksanaan program pembangunan dibidang ekonomi dan sosial budaya;
  10. Pembuatan laporan realisasi kegiatan secara berkala sesuai dengan bidang tugasnya;
  11. Pemberian bimbingan pengarahan dan petunjuk teknis, dibidang tugas bawahan;
  12. Pemberian pertimbangan dan saran kepada kepala badan, mengenai hal-hal yang berkaitan dengan bidang tugasnya;
  13. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan;

 

Kepala Bidang Ekonomi Dan Sosial Budaya membawahi :

                    a.     Subbidang Ekonomi; dan

                    b.     Subbidang Sosial budaya.

Masing-masing Subbidang dipimpin oleh seorang Kepala Subbidang yang berada dan dibawah dan bertanggung jawab kepada kepala bidang ekonomi dan sosial budaya.

 

Kepala Subbidang Ekonomi mempunyai tugas mempersiapkan bahan penyusunan rencana program pembangunan dibidang ekonomi.

Kepala Sub Bidang Ekonomi mempunyai fungsi :

  1. Pelaksanakan inventarisasi permasalahan dibidang ekonomi, keuangan dan pendapatan daerah, industri, koperasi dan dunia usaha;
  2. Penganalisis dan perumusan langkah-langkah kebijakan pemecahannya;
  3. Perumusan rencana program-program pembangunan yang meliputi ekonomi, keuangan dan pendapatan daerah, industri, koperasi dan dunia usaha;
  4. Pelaksanaan koordinasi dalam penyusunan rencana program pembangunan dengan dinas/instansi terkait sesuai dengan bidang tugasnya;
  5. Pelaksanaan pemantauan terhadap program pembangunan dibidang ekonomi dan sosial budaya agara sesuai dengan program pembangunan dan ketentuan yang berlaku;
  6. Penyediaan data penyajian analisa dan penilaian program pembangunan bidang ekonomi;
  7. Pembuatan laporan realisasi kegiatan secara berkala sesuai dengan bidang tugasnya;
  8. Pelaksanaan koordinasi antar dan antar unit kerja dilingkungan badan serta instansi terkait dalam pelaksanaan tugas;
  9. Pemberian pertimbangan dan saran kepada kepala bidang ekonomi dan sosial budaya mengenai hal-hal yang berkaitan dengan bidang tugasnya; dan
  10. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

Kepala Sub Bidang Sosial Budaya mempunyai tugas mempersiapkan bahan penyusunan rencana program pembangunan dibidang sosial budaya.

Kepala Sub Bidang Sosial Budaya mempunyai fungsi :

      a.  Penyiapan peraturan perundang-undangan dan bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan bidang tugasnya;

      b.  Pelaksanaan inventarisasi permasalahan dibidang sosial budaya, ketahanann dan perlindungan masyarakat, agama, pendidikan, kebudayaan perempuan,

           kependudukan dan catatan sipil serta pembinaan sosial kemasyarakatan lainnya;

      c.  Penganalisaan dan perumusan langkah-langkah kebijakan pemecahannya;

      d.   Perumusan rencana program-program pembangunan yang meliputi sosial budaya ketahan dan perlindungan masyarakat, agama, pendidikan, budaya, perempuan,

           kependudukan dan catatan sipil;

     e.   Pelaksanaan koordinasi dalam penyusunan rencana program pembangunan dengan badan/instansi terkait sesuai dengan bidang tugasnya;

      f.   Pelaksanaan kegiatan perencanaan pembangunan dibidang sosial budaya, ketahanan dan perlindungan masyarakat, agama, pendidikan, kebudayaan perempuan,

           kependudukan dan catatan sipil, agar tidak menyimpang dari peraturan dan  ketentuan   yang berlaku;

      g.  Penyediaan Data dan penyajian hasil analisa dan penilaian program pembangunan bidang sosial budaya;

      h.  Pembuatan laporan realisasi kegiatan secara berkala sesuai dengan bidang tugasnya;

       i.  Pelaksanaan koordinasi antar dan antara unit kerja dilingkungan badan serta instansi terkait dalam pelaksanaan tugas;

       j.  Pemberian pertimbangan dan saran kepada kepala badan; dan

      k.  Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

Kepala Bidang Pengendalian, Evaluasi Dan Pelaporan mempunyai tugas membantu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dalam melakukan dan mengkoordinasikan kegiatan dibidang pengendalian, evaluasi dan pelaporan kegiatan pembangunan.

Kepala Bidang Pengendalian,Evaluasi dan Pelaporan mempunyai fungsi :

  1. Penyiapan peraturan perundang-undangan dan bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan bidang tugasnya;
  2. Penyusunan kebijaksanaan dan menentukan kebijakan-kebijakan strategis Bidang pengendalian, evaluasi dan pelaporan kegiatan pembangunan;
  3. Penyusunan perencanaan program pembangunan subbidang pembiayaan pembangunan dan bidang evaluasi dan pengendalian pembangunan;
  4. Pelaksanaan evaluasi pelaksanaan program pembangunan;
  5. Pelaksanaan pengendalian dan pembinaan dalam pelaksanaan pembangunan;
  6. Pelaksanaan penyusunan laporan-laporan pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan;
  7. Pelaksanaan koordinasi antar dan antara unit kerja dilingkungan Badan serta instansi terkait agar ada keterpaduan dalam melaksanakan tugas;
  8. Pemberian pertimbangan dan saran kepada Kepala Badan dibidang tugasnya; dan
  9. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.
  1. Kepala Bidang Pengendalian, Evaluasi dan Pelaporanmembawahi :
    1. Subbidang Penyusunan dan Pengendalian Program; dan
    2. Subbidang Data, Evaluasi dan Pelaporan.

Kepala Subbidang Penyusunan dan Pengendalian Program mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Evaluasi, Pengendalian dan Pelaporan dalam melakukan pengendalian dan pelaksanaan program.Kepala Subbidang Penyusunan dan Pengendalian Program  mempunyai  fungsi :

  1. Penyiapan Peraturan perundang-undangan dan bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan bidang tugasnya;
  2. Pembantu Kepala Bidang dalam melakukan tugas penyusunan dan pengendalian program;
  3. Pengumpulan data-data dan penyiapan bahan-bahan perangkat kerja sesuai dengan bidang tugasnyan;
  4. Perumusan dan penyusun bentuk-bentuk penyajian data statistik;
  5. Pelaksanaan kegiatan penyusunan rencana program dan kegiatan tahunan Kabupaten;
  6. Pelaksanaan pengendalian dalam penyusunan rencana program pembangunan agar sesuai dengan RPJM dan RPJP;
  7. Penyiapan Rencana strategis dan rencana tindak lanjut program-program yang telah ditetapikan;
  8. Pelaksanaan Koordinasi antar dan antara unit kerja dilingkungan badan serta instant si terkait dalam pelaksanaan tugas;
  9. Pemberian pertimbangan dan saran kepada Kepala Bidang Pengendalian, Evaluasi dan Pelaporan; dan
  10. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

Kepala Subbidang Data, Evaluasi dan Pelaporan mempunyai tugas membantu Kepala Bidang Pengendalian, Evaluasi dan Pelaporan dalam melakukan koordinasi dan Perencanaan pengumpuan data, analisis dan penilaian serta melakukan evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan program pembangunan Kabupaten.

Kepala Subbidang Data, Evaluasi dan Pelaporan mempunyai fungsi :

  1. Pengumpulan data-data dan penyiapan bahan-bahan perangkat kerja sesuai dengan bidang tugasnya;
  2. Perumusan dan penyusunan bentuk-bentuk penyajian data statistik;
  3. Pelaksanaan koordinasi kegiatan pengumpulan data statistik, evaluasi dan pelaporan untuk menunjang kegiatan penyusunan program-program pembangunan;
  4. Pelaksanaan evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan;
  5. Pengkoordinir dan melakukan penyusunan laporan-laporan kegiatan pembangunan sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku;
  6. Pembuatan laporan realisasi kegiatan secara berkala dibidang evaluasi dan pelaporan;
  7. Pelaksanaan koordinasi antar dan antara unit kerja di lingkungan Badan serta Instansi terkait dalam pelaksanaan tugas;
  8. Pelaksanaan evaluasi dan penilaian terhadap kinerja pembangunan tahunan terhadap program Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) serta memberikan rekomendasi pemecahan masalah;
  9. Pemberian pertimbangan dan saran kepada Kepala Bidang; dan;
  10. Pelaksanaan tugas-tugas lain yang diberikan oleh atasan.

 

 

 


STRUKTUR ORGANISASI