Selasa, 28 Maret 2017 | 09:26:22
Bidang Pertambangan
Diposting Oleh KPDE Kab. Batang Hari | 11 Oktober 2012



SELAIN potensi perkebunan kelapa sawit dan karet, kandungan kekayaan perut bumi yang dimiliki Pemkab batanghari seperti minyak bumi, batu bara dan gas juga terdapat di Kabupaten tertua di Provinsi Jambi Ini. potensi minyak bumi dan gas yang besar ini menarik minat perusahaan minyak dan gas terbesar ketiga di Negara RRC, Yakni China National Offshor Oil Corporation Atau Cnooc untuk melakukan ekplorasi.

Sejak Tahun 2007 Cnoop Batang hari Limited bekerja sama dengan PT. Grogeri Perkasa sebagai pemenang tender telah melakukan pekerjaan ekplorasi. mulai dari kegiatan geolagi dan geofisika, survey seismic 2D, serta pengeboran dua sumur eksplorasi di Desa Hajran dan Koto Boyo Kecamatan Batin XXIV.

Saat ini Cnoop telah berhasil menemukan sumur gas yang potensial yakni sumur kenanga I, dengan kedalaman 6 ribu 71 kaki atau sekitar seribu 840 meter, yang diperkirakan memiliki potensi gas sekitar 7,6 juta MMCF. keberhasilan ini tentu akan merangsang bergulirnya roda perekonomian masyarakat sekitarnya.

Selain Migas, Bumi Batanghari juga memiliki kandungan Batu Bara, hingga saat ini tercatat 45 perusahaan tambang batu bara yang melakukan kegiatan tambangnya diwilayah Kabupaten Batanghari, 3 diantaranya yakni PT. Nan Riang di Desa Ampelu Kecamatan Muara Tembesi, PT. Bangun Energi di Kecamatan Mersam dan PT. Bubuhan Multi Sejahtera di Desa Sungai Buluh Kecamatan Muara Bulian, sampai Oktober 2011 telah mampu menghasilkan 913.794,71 metrik ton.

Hingga tahun 2011 dari 113 desa dan kelurahan yang ada dalam Kabupaten Batanghari yang belum dialiri listrik sebanyak 15 Desa. Tahun 2011 sedikitnya 7 Desa yang akan segera dialiri listrik, selanjutnya secara bertahap diharapkan sampai tahun 2016 semua desa dalam Kabupaten Batang Hari sudah dialiri listrik.