Rabu, 17 April 2024 | 13:24:24

FORIKAN Batang Hari Di Kukuhkan
Diposting Oleh DISKOMINFO Kab. Batang Hari | Berita Daerah | Kamis, 29 Desember 2022 - 09:34:52 WIB



Muara Bulian- Pada Rabu (28/13) Bupati Batang Hari MHD. Fadhil Arief menandatangani Naskah Pengukuhan serta pemasangan PIN Pengurus Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Batang Hari tahun 2022 bertempat di Serambi Rumah Dinas Bupati, hadir pada acara tersebut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi, Asisten Setda, para Kepala OPD, serta undangan lainnya.

kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Batang Hari Fahrizal,SH,MH dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam rangka mendorong peningkatan konsumsi ikan di wilayah Kabupaten Batanghari maka di bentuklah Forikan yang dimulai dari tingkat Kabupaten hingga tingkat Kecamatan.

"Forum ini di bentuk berdasarkan Surat Keputusan Bupati Batang Hari Nomor 342 Tahun 2022 tanggal 23 November 2022 tentang Pembentukan Pengurus Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Kabupaten Batang Hari", kata Fahrizal.

Sementara itu Bupati Batang Hari MHD. Fadhil Areif mengatakan, Konsumsi ikan masyarakat di wilayah Batang Hari secara umum masih rendah jika dibandingkan dengan pangan nabati, adapun target angka konsumsi ikan masyarakat Batanghari pada tahun 2021 sebesar 38,11/kg/kapita/tahun sedangkan angka konsumsi ikan masyarakat provinsi Jambi pada tahun 2022 adalah 40.20 sangat jauh bila dibandingkan dengan angka konsumsi nasional sebesar 55,37/kg/kapita/tahun.

Bupati Fadhil juga meminta agar para Camat dapat menggelorakan dan mensosialisasikan dalam mengkonsumsi ikan, jangan sampai kedepannya rendahnya mengkonsumsi protein ikan berpotensi menghambat upaya meningkatkan kualitas sumberdaya manusia terutama generasi kita jangan sampai menjadi generasi yang lemah fisik juga pengetahuan yang mengakibatkan menjadi beban keluarga (orangtua) dan tidak mampu untuk mandiri.

Kata Bupati Batang Hari lagi, bahwa pemerintah daerah sudah melakukan langkah-langkah dalam meningkatkan produktivitas ikan yaitu dengan kampanye, lomba masak ikan, pengawasan sumber daya perikanan dan penyediaan peralatan UMKM pengolahan ikan dalam bentuk bantuan alat pengolah ikan serta alat produksi, untuk itu diharapkan kepada anggota pengurus Forikan yang baru dilantik dapat bekerja dengan baik dan menjalankan tugas sesuai dengan fungsinya masing-masing dalam mensosialisasikan pentingnya mengkonsumsi ikan.

Acara diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Bupati Batanghari kepada para pengurus Forikan yang baru dilantik.